Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Tercinta

Kesehatan Keluarga

Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Tercinta

Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Tercinta

Setiap orang ingin memiliki keluarga yang sehat dan bahagia, tetapi cuaca dan kondisi sekitar dapat menimbulkan berbagai penyakit yang mengancam keluarga. Penyakit yang mengancam kesehatan keluarga dapat ditanggulangi dan dicegah dengan memperhatikan beberapa hal berikut, diantaranya adalah:

  1. Istirahat

Normalnya setiap orang membutuhkan waktu istirahat atau waktu tidur selama 8 jam sehari tetapi bagi bayi, anak kecil, dan manula membutuhkan waktu istirahat lebih banyak dibandingkan dengan anak muda dan orang dewasa. Memiliki tidur yang cukup dapat meningkatkan energy dan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar maka sebaiknya konsumsi makanan bergizi dan higienis sesuai dengan takaran yang pas jangan berlebihan. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas sedangkan kekurangan makan dapat menyebabkan badan lemas dan lesu.

  1. Hindari stress

Beban pikiran yang terlalu berat dapat menyebabkan stress sehingga memforsir lebih banyak energy dalam tubuh. Stress juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga penyakit mudah menghampiri. Sebaiknya hindari berbagai kegiatan yang menyebabkan stress dan luangkan waktu untuk berlibur bersama dengan kaluarga tercinta.

  1. Kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar

Fondasi utama dalam menciptakan kesehatan keluarga adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Cara menjaga kebersihan tubuh yaitu dengan mandi 2 kali sehari, mengganti pakaian kotor, mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi, dan masih banyak lainnya. Sedangkan menjaga kebersihan lingkungan adalah degan membersihkan rumah, halaman, membuang sampah pada tempatnya dan membakarnya. Kebersihan lingkungan dapat tercipta jika setiap anggota keluarga bekerja sama dengan baik.

  1. Kondisi ekonomi keluarga

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kesehatan keluarga adalah kondisi finansial keluarga. Jika sebuah keluarga memiliki ekonomi yang baik maka semua anggota keluarga mendapatkan asupan gizi yang baik dan hati lebih tentram sehingga daya tahan tubuh semakin baik. Kondisi finasial yang baik tidak harus memiliki pendapatan yang besar tetapi memiliki manajemen keuangan keluarga yang baik sehingga pengeluaran sesuai dengan penghasilan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan keluarga tercinta agar tidak mudah terserang penyakit.

 

You may also like...