Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia karena fungsi jantung yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung tidak berfungsi dengan baik maka akan membahayakan diri Anda sendiri. Menerapkan pola hidup sehat merupakan cara mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti tidak menerapkan pola hidup sehat yang suka merokok, minum minuman keras, tidak banyak gerak.

Terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Pertama yaitu faktor genetik atau keturunan. Jika dalam suatu keluarga terdapat anggota keluarga yang pernah memiliki riwayat penyakit jantung maka kemungkinan atau resiko akan tinggi dibandingkan keluarga yang tidak punya resiko penyakit jantung. Kedua adalah usia karena semakin tua maka fungsi dan kerja jantung akan semakin melemah. Bagi laki-laki, resiko terkena penyakit jantung akan lebih rentan ketika memasuki usia 45 tahun dan wanita lebih rentan terkena saat memasuki usia 55 tahun atau setelah menopause.

Ketiga adalah karena penyakit lainnya seperti diabetes dan hipertensi. Tips mencegah penyakit jantung salah satunya adalah mengurangi gula sehingga kadar gula dalam tubuh tetap normal. Jika kadar gula dalam tubuh terlalu tinggi dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan serangan jantung. Sedangkan penyakit pembuluh darah seperti hipertensi juga beresiko tinggi terkena penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah yang semakin menyempit sehingga memperberat fungsi kerja dari jantung.

Akan tetapi, saat ini tidak hanya pria dan wanita yang sudah memasuki usia senja yang dapat terkena serangan jantung namun juga anak muda yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat misalnya karena merokok. Selain merokok, kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh juga sangat mempengaruhi kesehatan jantung. Terdapat ciri-ciri penyakit jantung yang dapat Anda waspadai, diantaranya:

  • Sesak nafas.
  • Sering merasa pusing bahkan pingsan.
  • Jantung sering berdebar/palpitasi.
  • Mudah lelah.
  • Mengalami gangguan pencernaan.
  • Keringat yang berlebih.

Cara mencegah penyakit jantung paling mudah adalah kurangi duduk dan banyak bergerak misalnya berolahraga. Melakukan aktivitas fisik yang rutin dapat membantu untuk menguatkan jantung sehingga aliran darah yang kaya oksigen dapat disalurkan ke seluruh tubuh dan jumlah kolesterol jahat akan menurun. Selain itu, pilih makanan yang bebas lemak ataupun rendah kolesterol agar kolesterol tubuh tidak menumpuk. Misalnya dengan meminum susu Tropicana Slim Skim Milk Non Fat yang bebas gula, tanpa lemak dan tinggi akan kalsium. Susu ini cocok untuk Anda yang aktif dan sedang dalam masa pertumbuhan. Fitosterol yang ada di susu ini membantu untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Selain membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung, susu ini juga bagus untuk diabet dan diet. Jadi, pilih Tropicana Slim Skim Milk Non Fat dengan Fitosterol untuk hidup lebih sehat!

 

You may also like...