Usaha Peternakan Di Indonesia

Usaha peternakan di Indonesia cukup menjanjikan sehingga banyak investor yang ingin menanam modal mereka di bidang usaha ini. Beberapa jenis usaha dalam bidang peternakan yang banyak diminati oleh masyarakat adalah peternakan ayam potong, lele, kambing, dan sapi. Semua kegiatan penanaman modal di usaha peternakan telah diatur oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Baru-baru ini BKPM telah mengidentifikasi adanya minat investasi Selandia baru untuk menanamkan modalnya dalam usaha ternak sapi perah.

BKPM merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas sebagai advokasi para investor yang akan menanamkan modalnya di Indonesia. Badan ini memiliki tugas dan fungsi penting, diantaranya adalah:

1. Merumuskan kebijakan dalam bidang penanaman modal
2. Melaksanakan kebijakan yang telah disetujui
3. Mengembangkan berbagai sector usaha
4. Mengatasi berbagai masalah dan hambatan dalam penanaman modal
5. Mengkoordinasi semua kegiatan penanaman modal baik asing maupun dalam negeri

Salah satu usaha yang dibawahi oleh BKPM adalah usaha dalam bidang peternakan. Usaha peternakan di negeri ini semakin berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan komoditi ikan, daging, dan susu. Menjelang perayaan hari besar hampir semua komoditi tersebut naik karena jumlah permintaan semakin tinggi sedangkan barang yang tersedia tidak mencukupi, sehingga usaha ini sangat menjanjikan untuk digeluti.

Usaha ternak memiliki resiko yang cukup tinggi tetapi keuntungannya juga sangat menjanjikan. Hal-hal yang dapat mengakibatkan kerugian pada usaha ternak diantaranya yaitu:
1. Pasokan komoditi ternak besar sedangkan permintaan sangat sepi, hal ini dapat menurunkan harga dipasaran.
2. Harga pakan ternak melambung tinggi sedangkan harga penjualan ternak tidak mengalami kenaikan
3. Biaya operasional yang cukup tinggi sehingga membutuhkan modal yang cukup besar juga
4. Adanya wabah penyakit yang ddapat menyerang ternak secara bersamaan sehingga menyebabkan kematian ternak dalam skala besar

Semua hal tersebut memang menyebabkan jumlah kerugian yang tidak sedikit jumlahnya, tetapi jangan lupa bahwa usaha ternak ini merupakan usaha yang digalakkan oleh pemerintah dengan penanaman modal yang cukup besar. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba usaha ini.

You may also like...