4 Aneka Peluang Usaha untuk Pertanian yang Menguntungkan

Sektor pertanian di Indonesia kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh sebagian masyarakat padahal hasil pertanian merupakan kebutuhan pokok semua orang sehingga target pasar tidak pernah sepi. Peluang usaha dalam bidang pertanian memang kurang mendapat perhatian di mata masyarakat sehingga dapat dikatakan bahwa peluang usaha di bidang ini masih sangat luas dan belum banyak pesaingnya. Berikut adalah aneka peluang usaha untuk pertanian yang sangat menjanjikan:

1. Menanam sayur organik

Saat ini masyarakat banyak yang sadar dengan kesehatan sehingga sebagian besar masyarakat beralih mengkonsumsi sayuran organic yang lebih sehat tanpa pestisida berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sayuran organic banyak dijual di swalayan dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran biasa yang dijual dipasar tradisional. Anda dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang tidak terpakai untuk menanan sayur organic.

2. Jual bibit tanaman

Peluang usaha pertanian selanjutnya adalah menjual bibit unggul dan berkualitas. Sebagian besar petani mulai dari petani kecil hingga besar membutuhkan bibit terbaik untuk ditanam dilahan mereka agar mendapat hasil panen yang lebih bagus sehingga usaha ini sangat menjanjikan. Untuk memulai usaha ini dibutuhkan skill dalam bidang pertanian dan cara pemasaran yang tepat. Selain itu Anda harus tetap mempertahankan kualitas bibit agar konsumen tetap setia menjadi pelanggan tetap.

3. Jual pupuk

Setiap petani dari skala kecil maupun besar tentu membutuhkan pupuk untuk tanaman yang mereka tanam. Jadi konsumen pupuk tidak pernah sepi dan bahkan semakin bertambah. Keuntungan dari usaha penjualan pupuk cukup besar dan usaha ini memiliki kerugian yang sangat kecil karena harga pupuk semakin meningkat dari tahun ke tahun.

4. Jual tanaman hias

Saat ini tanaman hias banyak dilirik oleh masyarakat untuk memperindah rumah, kantor, atau pinggir jalan. Selain itu tanaman hias juga berfungsi sebagai penghasil oksigen sehingga lingkungan semakin nyaman bebas polusi. Kesadaran akan keindahan dan kenyamanan ini menjadikan usaha budidaya tanaman hias melejit dengan pesat. Namun sebelum memulai usaha ini, Anda harus memiliki skill dalam bidang tanaman hias.

Itulah beberapa peluang usaha dalam bidang pertanian yang dapat Anda coba dengan berinvestasi dalam bidang ini. Semua kegiatan investasi atau penanaman modal di negara ini diatur oleh BKPM.

You may also like...