Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Usia Muda

Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Usia Muda

Penyakit jantung merupakan penyakit yang mengakibatkan sebagian sel jantung mati karena terhentinya aliran darah walaupun hanya sesaat. Sebagian besar penyebab penyakit jantung disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah tidak heran jika sebagian besar yang menyebabkan serangan jantung adalah riwayat hipertensi atau penyakit darah tinggi. Saat ini penyakit jantung tidak hanya menyerang orang tua namun anak muda. Terdapat beberapa cara mencegah penyakit jantung pada usia muda yang dapat dilakukan dan dibiasakan.

Pencegahan pertama adalah dengan menerapkan pola tidur yang benar dan istirahat yang cukup. Dalam 1 hari, jam tidur sebaiknya 7 jam per harinya. Kedua adalah dengan mengkonsumsi ikan dan makanan yang berserat. Ikan mengandung vitamin b1, protein, omega 3 dan 6 yang bagus untuk tubuh. Sedangkan makanan yang berserat banyak ditemukan di sayuran hijau. Akan tetapi, untuk menjaga kadar gula dalam darah, kurangi untuk mengkonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan gandum, oats atau nasi merah.

Ketiga adalah mengurangi stress. Stress dapat menyebabkan otak dan tubuh bekerja lebih keras, jantung berpacu lebih cepat, daya tahan tubuh menurun dan tidak jarang menjadi salah satu penyebab menyempitnya pembuluh darah. Tips mencegah penyakit jantung agar tidak stress adalah dengan bersyukur, tidak menunda pekerjaan dan tetap berserah diri. Jangan lupa tertawa karena dengan tertawa dapat membantu untuk diri Anda merasa bahagia dan membuat Anda menjadi awet muda.

Keempat adalah berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol. Dalam rokok terdapat zat radikal bebas seperti nikotin dan karbonmonoksida yang dapat merusak dinding pembuluh darah. Jika dinding dalam pembuluh darah tersebut rusak, maka akan mempermudah kolesterol untuk menempel atau melekat sehingga membentuk plak. Jika kolesterol sudah menempel dan timbul plak, akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Jika Anda menghisap 4 batang rokok per harinya, dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung hingga 50%. Sedangkan alkohol dapat mempengaruhi syaraf dan dapat merusak tubuh secara perlahan.

Kelima adalah dengan menjaga tubuh tetap aktif bergerak sehingga dapat memperkuat dinding pembuluh darah dan jantung. Akan tetapi, pilih olahraga yang mampu meningkatkan kekuatan jantung secara perlahan dan tidak terlalu berat. Keenam adalah konsumsi makanan dan minuman yang rendah kolesterol sehingga dapat menjaga kolesterol baik dalam tubuh. Salah satu minuman yang dapat Anda konsumsi sebagai salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah susu not fat Fitosterol dari Tropicana Slim. Susu yang bebas gula, tanpa lemak serta tinggi kalsium cocok untuk anak muda yang aktif. Tidak hanya cocok untuk diet namun juga cocok untuk penderita diabetes. Dengan kandungan fitosterol yang merupakan sterol nabati, dapat membantu untuk mengurangi penyerapan kolesterol di usus. Jadi, pilih Tropicana Slim Non Fat Fitosterol plain atau coklat untuk hidup tetap sehat namun tetap enak!

You may also like...