Tips merawat kulit bayi agar tetap sehat

merawat kulit bayi

Tips merawat kulit bayi

Tips merawat kulit bayi agar tetap sehat

Sebagai ayah tentunya juga anda ikut serta dalam menjaga buah hati anda bukan ? hal ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga kedekatan antara ayah dan anak. Dengan ikut menjaga kesehatan bayi terutama pada kulitnya adalah hal yang harus dilakukan oleh para orang tua terhadap bayinya yang mungil agar terhindar dari penyakit kulit seperti yang diakibatkan oleh biang keringat yang akan mengakibatkan bentol – bentol merah pada kulit bayi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawar kulit bayi agar tap sehta dan terhindar dari berbagai iritasi. Hal ini menjadi cara terbaik untuk merawat kulit bayi anda sesuai dengan jenis kulit apakah kulit bayi anda sensitif atau tidak. Oleh sebab itu anda harus mengetahui cara yang benar dan tepat untuk merawat kulit bayi anda.

Berikut adalah beberapa carauntuk merawat kulit bayi anda agar tetap sehat.

  • Gunakan air hangat ketika memandikan bayi. Jangan lupa gunakan sabun yang memiliki pH rendah sekitar 4,5 – 5 zwitsal sehingg aman untuk kulit bayi yang masi sangat sensitif.
  • Apabila masih terdapat lapisan vernix caseosa pad kulit bayi, jangn menggosoknya. Karena lapisan tersebut memiliki manfaat untuk melindungi kulit bayi yang masih sensitif.
  • Setelah memberi sabun ke tubuh bayi, jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih dan tidak ada lagi sisa sabun pada tubuh bayi.
  • Setelah selesai memandikan bayi, keringkan tubuh bayi dengan menggunakan handuk kering yang memiliki tekstur halus dam lembut. Cukup tepuk – tepukan pada bayi dengan perlahan agar sisa – sisa air pada tubuh bayi hilang.
  • Apabila anda ingin memberikan bedak pada tubuh bayi, sebaiknya anda jangan memberikan pada bagian lipatan bayi seperti ketiak, ketiak paha dan kelamin. Hal ini dikarenakan apabila bercampur dengan keringat, fases atau urin akan mengundang bakteri berkembang biak dan mengakibatkan penyakit kulit.
  • Sebaiknya ayah memberikan pakaian yang berbahan katun yang lembut agar mudah meyerap keringat.

Beberapa tips dapat ayah lakukan untuk merawat kulit bayi agar tetap sehat. Selain untuk merawat bayi, apabila ayah yang melakukannya maka akan mendekatkan ayah dan anak agar anak merasa nyaman saat bersama ayahnya.

You may also like...