Tips Berkendara yang Aman

Berkendara yang aman adalah hal yang wajib diterapkan sehari-hari bagi semua orang, terutama bagi kita dan kalian semua yang setiap harinya menggunakan fasilitas kendaraan. Lalu lintas yang sangat padat, kondisi jalanan yang macet itulah yang menyebabkan kita harus selalu berhati-hati dalam berkendara. Banyaknya tingkat kecelakaan di jalan raya yang cukup tinggi juga bisa menjadi faktor apabila kita tidak berhati-hati dalam berkendara. Jangan lupa selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya juga.

Bagaimana cara menjaga keselamatan dalam berkendara? Berikut beberapa tips dan trik berkendara yang aman di jalan raya :

  • Cek kondisi kendaraan

Yang pertama harus dilakukan sebelum berkendara di jalan raya adalah mengecek kondisi kendaraan kalian terlebih dahulu. Mengecek mesin, tekanan angina pada ban, spion, jika kalian menggunakan motor maka gunakanlah helm dan jaket sebagai pelindungnya.

  • Gunakan sabuk pengaman dan helm

Jika anda menggunakan mobil, sebaiknya gunakanlah sabuk pengaman untuk menjaga keamanan kalian dalam berkendara dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan jika kalian menggunakan motor, maka sebaiknya gunakanlah helm dan jaket sebagai pelindungnya.

  • Mengatur kecepatan laju kendaraan

Atur laju kecepatan kendaraan anda, berkendara dengan kecepatan yang tinggi diperbolehkan, namun sebaiknya tetap berhati-hati karena bisa membahayakan pengendara lainnya.

  • Jangan menggunakan ponsel

Hindari menggunakan ponsel pada saat sedang berkendara, karena hal ini dianggap sangat mengganggu konsentrasi kalian pada saat berkendara. Sebaiknya berhenti terlebih dahulu jika ingin mengangkat telephone ataupun membalas sms.

  • Istirahat jika mengantuk

Jangan berkendara dalam keadaan mengantuk, karena ini dapat membahayakan penumpang maupun pengendara lainnya. Sebaiknya beristirahatlah sejenak di bahu jalan atau di rest area sejenak, dan lanjutkan perjalanan ketika sudah agak fit dan merasa segar.

Nah diatas tadi adalah tips-tips yang sebaiknya kalian terapkan sebelum berkendara ataupun akan melakukan perjalanan panjang, jangan lupa juga selalu membawa surat-surat kendaraan kalian seperti SIM, STNK, dan lain-lain. Jangan lupa juga selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya agar tidak ditilang pak polisi pastinya ya.

Agar anda mengetahui bagaimana cara berkendara yang aman untuk keselamatan anda, saya akan sertakan videonya sebagai berikut :

You may also like...