Informasi Umum Seputar Manasik Umroh

Umroh dari katanya dan definisi nya secara syar’i dapat diartikan sebagai haji kecil karena merupakan kunjungan ke Rumah Allah atau Baitullah di kota Mekkah dalam keadaan menggunakan ihram dan sudah melaksanakan dan mematuhi tatacara atau manasik yang ada. Namun jangan sampai anda mengartikan bahwa dengan melakukan ibadah umroh maka gugur kewajiban rukun islam ke-5 anda yakni Haji.

Umroh disebut haji karena seluruh rukun yang dilaksanakannya saja dengan haji kecuali rukun wuquf saat di Arafah yang dilaksanakan saat haji akan tetapi tidak ada saat umroh. Sebelum berangkat umroh maupun haji jamaah wajib untuk mengetahui manasik umroh, manasik ini adalah pemanasan sebelum anda berangkat umroh dan haji, hal ini perlu dilakukan demi kesempurnaannya ibadah haji dan umroh yang dilaksanakan.

Urutan untuk manasik saat akan melaksanakan ibadah umroh adalah sebagai berikut:

#Ihram

adalah niat untuk melakukan ibadah umroh dengan mengenakan pakaian khusus yang serba putih dan mempunyai aturan sendiri untuk memakainya. Aturan memakai pakaian ihram untuk wanita dan pria sendiri biasanya berbeda.

#Thawaf

Adalah berkeliling Ka’bah yang dilakukan sebanyak tujuh kali dan baru bisa dilakukan ketika sudah ada di Mekkah.

#Sa’i

adalah lari-lari kecil yang dilaksanakan dari bukit Shafa ke bukit Marwa.

#Tahalul

Adalah memotong rambut yang dilakukan pria dan wanita.

Yang Perlu Disiapkan Saat Manasik

Sebelum melakukan praktek secara langsung ketika sudah sampai di Mekkah. Biasanya jamaah akan belajar dulu untuk melakukan manasik ibadah umroh demi kesempurnaannya di daerah masing-masing. Hal tersebut untuk memberikan gambaran kepada jamaah terutama bagi yang belum pernah ke tanah suci bagaimana tatacara untuk beribadah yang benar. Di acara manasik tersebut juga jamaah biasanya akan mengetahui mengenai urutan dalam melaksanakan umroh. Manasik ini dilakukan bukan hanya untuk jamaah umroh tetapi juga jamaah haji.

Manasik umroh demi kesempurnaannya ibadah yang dijalani di tanah suci oleh para jamaah juga diberikan oleh Abotours sebagai salah satu fasilitas yang diberikan kepada jamaah nya. Dengan digelarnya latihan umroh atau haji tersebut jamaah bisa untuk merasakan atmosfir dan bagaimana tatacara untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh saat berada di kota Mekkah. Selain adanya manasik, Abutours juga memberikan banyak sekali promo dan beragam fasilitas lain yang bisa dipilih oleh masyarakat yang ingin berumroh.