Menilik Pentingnya Menjaga Komunikasi Keluarga dan Cara Mudah Melakukannya

Related image

Keuntungan Berkomunikasi

Komunikasi adalah salah satu resep untuk semua hubungan baik hubungan pacaran, guru dan murid, sesama rekan kerja, dan juga untuk keluarga. Dimana komunikasi ini mempunyai banyak sekali peran penting yang dapat menjadi fungsinya apabila dalam suatu hubungan tersebut menjaga komunikasi dengan baik. Komunikasi tersebut juga penting untuk hubungan keluarga, dimana komunikasi keluarga akan dapat untuk memberikan banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh keluarga. Beberapa keuntungan komunikasi dalam keluarga tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah masalah yang bisa terjadi

Manfaat komunikasi dalam hubungan keluarga adalah dapat untuk mencegah terjadinya suatu masalah. Dalam suatu hubungan, tidak heran apabila ada masalah yang dapat terjadi tetapi sebenarnya hal tersebut dapat untuk dicegah apabila Anda mempunyai cara komunikasi yang baik. Hal tersebut juga harus dilakukan oleh sesama anggota keluarga sehingga tidak akan terjadi masalah keluarga. Seperti misalnya memberikan kabar antara pasangan dan juga anak yang memberikan kabar keberadaannya kepada orangtua. Sehingga dapat untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi yang dapat untuk menimbulkan salah paham atau juga kejadian buruk yang dapat terjadi. Oleh karena itulah penting untuk menjaga hubungan antar keluarga dengan cara lancar komunikasinya.

2. Menyelesaikan masalah lebih cepat

Selain untuk mencegah masalah dapat timbul, komunikasi sesama keluarga juga dapat untuk menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan komunikasi tersebut yaitu menyelesaikan masalah antar keluarga yang dapat untuk lebih cepat selesai. Dimana apabila saling tidak berkomunikasi maka anggota keluarga akan hanya menyimpan sakit hati sendiri sedangkan anggota keluarga lainnya tidak tahu apa yang terjadi padanya. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk mengutarakan perasaanya kepada anggota keluarga sehingga masalah yang ada tersebut bisa cepat selesai. Dan hubungan keluarga bisa untuk kembali harmonis lagi.

3. Menjaga hubungan keluarga

Setiap keluarga pasti mempunyai masalahnya sendiri. Akan tetapi ada banyak cara keluarga untuk mengatasinya. Ada keluarga yang dapat untuk mengatasi masalah tersebut tetapi ada juga yang membiarkannya saja. Sehingga akan berakibat pada hubungan keluarga yang tidak harmonis. Oleh karena itulah penting untuk keluarga untuk segera mengkomunikasikan berbagai hal agar dapat menjaga hubungan baik keluarga dan menerima fungsi keluarga yang memberikan kasih sayang dan perlindungan.

Manfaat tersebut dapat untuk didapatkan apabila keluarga mengutamakan komunikasi dan menggunakan komunikasi keluarga untuk menyelesaikan konflik dan masalah yang terjadi. Akan tetapi biasanya hal yang menghalangi terjadinya komunikasi dan penyelesaian masalah tersebut adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk berani bicara kepada anggota keluarga. Dimana waktu yang paling tepat untuk komunikasi antar keluarga dapat berjalan baik adalah saat santai seperti ketika sedang minum teh Sariwangi dan quality time bersama keluarga.

 

You may also like...