Tingkatan-tingkatan Diet Rendah Garam untuk Penderita Hipertensi

Related image

 

Garam merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki peran penting dalam menghadirkan cita rasa dalam masakan. Karena tanpa bahan yang satu ini nantinya masalah juga gambar tak memiliki rasa apapun. Hanya saja meskipun di satu sisi memberikan manfaat yang bagus juga ada nilai minusnya. Kelebihan kadar garam dalam tubuh sangat berbahaya karena dapat memicu berbagai jenis masalah kesehatan. Itulah mengapa beberapa orang menerapkan konsep diet rendah garam dalam gaya hidup mereka.

 

Diet Rendah Garam

Diet makanan rendah garam ini juga dikenal dengan nama diet mayo, dimana jumlah garam yang masuk dalam tubuh benar-benar dibatasi. Bahkan beberapa diantaranya sama sekali tak mengkonsumsi garam. Kenyataannya kadar garam yang tinggi dalam tubuh akan mengendap dalam saluran atau pembuluh darah Anda. Lama kelamaan akan memicu penumpukan kristal yang menghalangi aliran darah. Hal ini banyak menyebabkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Semakin sering jantung dipaksa untuk memompa darah secara berlebihan tentunya lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan, hal inilah yang dikenal sebagai serangan jantung. Dengan resiko kematian juga sangat tinggi. Sebenarnya diet dengan membatasi konsumsi garam ini memiliki beberapa tingkatan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda, diantarnya adalah:

  1. Tingkat tinggi, tingkatan pertama yang biasanya memang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa konsumsinya hanya sekitar 200 hingga 400 mg garam saja, sangat rendah bukan, bahkan untuk kategori makanan mungkin tanpa rasa asin sama sekali. Bahkan tak diperbolehkan untuk menambahkan garam dapur dalam makanan, hanya garam alami dari buah atau sayuran saja.
  2. Tingkatan dua, toleransinya hanya 600 hingga 800 mg garam, ini sama dengan setengah sendok teh garam dapur atau 2 gram saja.
  3. Tingkat tiga, tingkat ini toleransinya adalah 1000 hingga 1200 mg saja, sama dengan 2 gram atau 1 sendok teh garam dapur.

 

Bagi yang masih pemula bisa dengan menguranginya perlahan hingga mencapai tingkatan tersebut untuk diet rendah garam, manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh Anda.

 

You may also like...