Cara Mudah Menata Dapur Minimalis Menjadi Ruangan Luas

Dapur memang menjadi ruangan yang penting bagi aktivitas ibu rumah tangga setiap harinya, sehingga apabila dapur kurang begitu nyaman maka aktivitas memasak akan terasa malas dan membosankan. Terlebih jika memiliki dapur dengan ukuran minimalis atau kecil, dengan begitu Anda harus menata dapur minimalis itu dengan sangat rapih dan bersih agar dapur minimalis akan terlihat lebih luas dan nyaman untuk digunakan melakukan aktivitas sehari-hari dalam dapur. Memiliki dapur yang luas dengan desain yang modern tidak lebih menarik daripada memiliki dapur berukuran kecil namun tersusun dengan rapih. Besar kecilnya ukuran dapur tidaklah berpengaruh dengan kualitas penataan dapur nantinya. Kebersihan dan juga kerapihanlah yang menjadi faktor utama, karena dapur menjadi tempat aktivitas yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menyiapkan masakan keluarga sehingga kebersihan dan kehegienisa dapur dan peralatan harus ditata dengan baik.

Memiliki dapur yang bersih saja tidak akan cukup, Anda juga harus menjaga kerapihan dapur dengan menata dapur minimalis Anda menjadi sangat rapih. Masalah yang biasanya muncul yaitu terkadang banyaknya kitchen set yang ada akan membuat Anda kebingungan dalam mengatur dan menata dapur sedemikian rupa agar rapih dan bersih. Berikut merupakan cara mudah menata dapur minimalis menjadi ruangan yang luas rapih dan bersih dengan desain modern.

1. Gunakan Kabinet Dapur Dengan Pintu Kaca

Pintu kabinet dapur yang terbuat dari kaca akan menjadi ilusi optikal yang dapat membuat mata Anda dapat melihat bagian dalam kabinet dengan jelas. Hal ini dapat membuat daput terasa lebih luas karena kaca dari kabinet menjadikan dinding dapur terasa jauh.

2. Gunakan Warna Putih Pada Dapur

Pemilihan warna putih adalah warna terbaik untuk diaplikasikan pada dapur minimalis. Warna purih mampu memantulkan cahaya dengan baik sehingga menjadikan ruangan terasa lebih besar. Cat dinding dapur dengan menggunakan warna cat putih dan sesuaikan perabotan lain dalam dapur dengan warna senada, misalnya pada kabinet dapur, langit-langit dapur, countertop, lemari hingga keramik untuk lantai. Agar dapur terasa lebih hidup, Anda dapat menggunakan shade putih yang berbeda.

3. Pilihlah Furniture Dapur Yang Sesuai

Gunakanlah perabotan dapur yang berukuran pas dengan ukuran dapur Anda, seperti meja makan dan kursi yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini agar dapur minimalis tidak terlihat terlalu penuh dengan keterbatan ruang yang tersedia.

4. Gunakan Rak Terbuka Untuk Dapur Minimalis

Pakailah open shelving atau rak terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Menggunakan rak terbuka akan membuat ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus menjadi penghias dapur jika Anda dapat mengatur peralatan dapur dengan baik dan rapih didalamnya.

5. Biasakan Untuk Mengembalikan Barang-Barang Dapur Ke Tempat Semula

Setelah selesai memasak, selalu biasakan untuk mengembalikan peralatan dapur yang telah dipakai ke tempat semula. Letakkan pisau kembali ke raknya, cuci wajan kemudian digantungkan atau disimpan, dan seterusnya agar dapur minimalis Anda tetap rapih. Selain itu, kebiasaan ini akan mempermudah aktivitas Anda di dapur karena semua peralatan dapur mudah untuk ditemukan.

6. Tata Barang Di Lemari Atau Rak Gantung

Untuk menata dapur minimalis dengan mudah dengan tampilan dapur lebih modern, rapih serta terlihat bersih Anda dapat menata semua perlengkapan dapur di lemari kaca ataupun rak rak gantung.

You may also like...