5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Pada Malam Hari

Anda memiliki kebiasaan harus makan terlebih dahulu agar bisa tidur secara nyenyak di malam hari? Padahal sebenarnya konsumsi makanan sebelum tidur justru memiliki pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan, sebagian diantaranya memang bisa membuat tidur menjadi jauh lebih lelap. Hingga bangun juga terasa segar, namun juga tak jarang makanan yang justru memberikan efek samping tidur tidak nyenyak hingga mengalami insomnia, untuk itu patut diwaspadai.

Apalagi bagi Anda yang juga memiliki masalah dengan berat badan, patut pilah-pilih menu yang akan dikonsumsi menjelang tidur, atau bahkan tidak sama sekali sehingga berat badan tidak kian membengkak. Beberapa jenis makanan ini agaknya juga wajib dihindari sebelum tidur, karena memberikan efek yang sangat buruk pada kualitas tidur Anda, diantaranya adalah:

  1. Makanan yang berminyak, diantaranya adalah gorengan kemudian juga es krim yang mengandung lemak, hingga menu makanan siap saji, faktanya mengkonsumsi terlalu banyak makanan berlemak memang bisa membuat Anda langsung jatuh tertidur, namun timbunan lemak di bagian perut juga jadi kian besar dari waktu ke waktu. Untuk itu harus berhati-hati.
  2. Makanan yang manis, beberapa orang senang mengkonsumsi makanan manis dengan alasan dapat membuat mood mereka jadi lebih baik setelah mengkonsumsinya, namun juga patut untuk diketahui bahwa makanan semacam ini ternyata juga berdampak buruk pada gula darah hingga menganggu kenyamanan saat tidur.
  3. Daging merah, makanan yang butuh waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga kurang baik dikonsumsi ketika malam hari, karena akan menganggu kualitas tidur Anda.
  4. Makanan pedas, efeknya sama halnya dengan mengkonsumsi kafein, yaitu senyawa kimia yang ada di dalamnya bisa membuat Anda menjadi sulit untuk terlelap.
  5. Makanan dengan rasa kopi maupun teh, ada kandungan kafein di dalamnya meskipun jumlahnya tidak terlalu tinggi yang bisa menganggu kualitas tidur, bahkan bagi yang tidak terbiasa akan menyebabkan insomnia.

Jadi pastikan untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi saat malam hari jika ingin tidur berkualitas.

You may also like...