Inilah Tumbuh Kembang Bayi Ketika Berumur 1 Tahun

Sang buah hati tercinta dari waktu ke waktu terus bertumbuh kembang dan momen tumbuh kembang bayi ini memang selalu menjadi momen yang tak pernah ingin dilewatkan oleh ibu maupun ayah. Nah, ketika si kecil sudah menginjak usia 1 tahun, pasti ibu dan ayah juga sangat senang melihat si kecil sudah bertumbuh semakin besar. Lalu, bagaimanakah perkembangan bayi yang ideal ketika usianya menginjak 1 tahun ? Umumnya bayi sudah dapat mengucapkan beberapa kata yang ditangkapnya pertama dan umum seperti berbicara “mama”, “papa”. Si kecil juga mulai memberikan respon seperti ketika orang yang lewat di hadapannya. Contoh respon yang diberikan seperti memanggil dengan mengoceh, ataupun menggerakkan tangannya sebagai bentuk respon. Akan tetapi, apabila di usia ini bayi belum dapat mengoceh ataupun tidak bisa merespon dengan gerakan, ibu perlu memeriksakan bayi ibu ke dokter supaya mendapatkan arahan lebih lanjut.

Perhatian Ibu terhadap Tumbuh Kembang Bayi

Pada usia 1 tahun ini, gigi bayi terus bertumbuh dengan baik. Ibu dapat mulai mengajari dan memberi pengertian pada bayi mengenai pentingnya menjaga kebersihan gigi. Ibu dapat membersihkan gigi si kecil dengan kain basah yang bersih ataupun sikat gigi yang berbulu halus dan dengan kepala gagang yang kecil. Munculnya gigi yang menjadi bagian dari tumbuh kembang bayi usia 1 tahun perlu juga ditanggapi ibu dengan mulai memeriksakan kesehatan gigi si kecil ke doktergigi. Dengan datang ke dokter gigi pun anda dapat bertanya-tanya seputar cara terbaik untuk merawat gigi bayi di usianya yang menginjak 1 tahun ini. Pada masa perkembangan bayi di usia 1 tahun ini, bayi punya jadwal imunisasi PCV untuk yang keempat kalinya. Juga vaksinasi influenza yang perlu dilakukan secara berulang setiap tahun. Ibu jangan ketinggalan juga untuk mengajak si kecil menjalankan imunisasi.

Menanggapi tumbuh kembang bayi yang kini telah menginjak 1 tahun, perawatan terbaik harus selalu diperhatikan, baik perawatan untuk dalam tubuhnya maupun untuk luar tubuh bayi. Di usia 1 tahun, ibu sudah bisa menambahkan sedikit garam pada makanan yang dikonsumsi bayi. Banyak garam yang dianjurkan bagi bayi di usia 1 hingga 3 tahun adalah 2 gram per harinya. Sajikan makanan pendamping ASI yang terbaik dengan memperhatikan asupan gizi yang terkandung dalam makanan. Nah, soal perawatan bagian luar tubuh si kecil, berikan produk perawatan kulit yang terbaik juga. Seperti bedaknya, baby oil, minyak telon, dan lainnya. Pilihlah produk dari Zwitsal yang sudah teruji oleh Hypo-allergenic.

You may also like...