Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan

Nyeri haid biasanya dirasakan oleh sebagian wanita ketika masa awal menstruasi. Beberapa wanita merasakan sakit di bagian bawah perut. Ada wanita yang tidak merasakannya namun ada pula yang merasakan sakit ini. sepanjang waktu, terjadi beberapa kontraksi halus di otot dinding rahim yang tidak terasa, tetapi ketika menstruasi, kontraksi ini akan menjadi kencang karena menjadi bagian dari peluruhan dinding rahim ketika haid, kontraksi ini menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim sehingga memutus suplay oksigen ke rahim, tidak adanya oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan kimia sehingga menciptakan rasa yang nyeri.

Rasa nyeri menjadi semakin buruk karena tubuh mengeluarkan bahan kimia yang memiliki nama prostaglandin sehingga memicu otot rahim menjadi terus berkontraksi. Selain itu bahan kimia ini memicu beberapa kondisi yang lain seperti sakit kepala, mual, lemas dan yang lainnya. jika seorang wanita merasakan nyeri yang lebih dibandingkan dengan lainnya berarti ia memproduksi prostaglandin dengan jumlah yang lebih banyak.

Rasa nyeri ini umum dialami wanita apalagi di awal menstruasi. Ada beberapa gangguan yang menyebabkan nyeri semakin parah, seperti:

  • Radang panggul. Infeksi yang bisa menyebabkan inflamasi di rahim,
  • Endometriosis. Hal ini terjadi saat sel menyelubungi rahim yang mulai tumbuh pada luar rahim seperti di tuba falopi atau di ovarium. Sel ini bisa menyebabkan rasa sakit yang begitu hebat,
  • Stenosis leher rahim. Pembukaan di leher rahim begitu kecil sehingga membatasi aliran darah untuk keluar ketika haid, kondisi ini bisa menyebabkan tekanan di rahim dan menyebabkan nyeri.

Sebagian wanita yang beresiko merasakan nyeri ketika haid saat mereka mengalami hal seperti volume darah yang lebih banyak, mengalami menstruasi sebelum berusia 11 tahun, obesitas atau berat badan yang berlebihan, belum pernah hamil hingga mengkonsumsi alkohol. Selain mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, biasanya nyeri ketika haid bisa diredakan dengan pijat, mandi air hangat serta berbaring dengan posisi kaki diangkat di atas. Tetapi, nyeri harus di periksakan ke dokter jika terjadi nyeri yang berlebihan dan pendarahan yang lebih lama dibandingkan biasanya.

You may also like...