Menilik Bahan Makanan yang Dapat Menghangatkan Tubuh

Menjaga ketahanan tubuh di musim pancaroba memang terbilang sulit, apalagi saat perubahan ekstrem terjadi. Ini tentu akan menurunkan kondisi tubuh sehingga membuat tidak nyaman, terlebih harus tetap bekerja seperti biasa. Konsumsi air putih memang bisa menjaga sistem imun tetap terjaga, selain itu tambahkan dengan makanan yang menyehatkan, bahkan jika bisa saat musim hujan lebih sering makan dari biasanya.

Makanan akan membuat perut kenyang dan tidak mudah lapar di jam tanggung, saat musim hujan dengan suhu dingin memang lebih enak konsumsi makanan berkuah. Ini akan menghangatkan seluruh bagian tubuh, namun tidak membuat kekenyangan sehingga bisa tetap bekerja setelah jam makan siang. Ini bahkan cocok untuk menu makan malam di rumah, anak-anak pasti lebih cepat terkena batuk dan flu di pergantian musim seperti ini.

Ibu pintar sebaiknya mulai mensiasati menu makanan apa saja yang bisa menghangatkan tubuh, selain bergizi untuk anak-anak. Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang bisa menghangatkan tubuh setelah di konsumsi:

  • Jahe. Banyak dijadikan bahan minuman tradisional seperti jamu dan cocok di seduh dengan air hangat, jahe memang memiliki senyawa tajam yaitu gingerol dan shogaol. Selain bisa menghangatkan tubuh, konsumsi jahe juga bisa melancarkan pencernaan dan mengurangi sakit kepala. Untuk keadaan darurat seperti menggigil, langsung saja kunyah jahe karena bisa menghangatkan tubuh lebih cepat dan jangka panjang.
  • Cabai dan lada hitam. Rempah memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, itulah kenapa kebutuhan rempah sangat tinggi di negara yang mengenal empat musim. Konsumsi makanan yang mengandung lada hitam akan menghangatkan tubuh dan terasa pedas alami, biasanya diolah dalam sup untuk anak-anak. Rasa pedas pada cabai akan membuat nafsu makan meningkat, bahkan memiliki kandungan vitamin C dan juga bisa menghangatkan tubuh.
  • Bawang putih. Serupa dengan jahe, bawang putih mentah akan memberikan rasa hangat seketika jika di konsumsi langsung. Selain itu bisa mencegah pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi tubuh. Itulah kenapa bawang putih jadi bumbu untuk banyak makanan, terutama di sup dan pasta.

You may also like...