Imunisasi, Ini Dia Tips Mengajak Si Kecil

Inilah tugas yang tidak mudah bagi Anda untuk membuat si kecil paham tentang mengapa ia harus diimunisasi, meskipun Imunisasi bayi akan menyebabkan rasa sakit. Apalagi tidak akan mudah bagi Anda untuk tidak khawatir ketika melihat si kecil menangis ketika selesai disuntik.  Namun tenang saja, Namun tenang saja, Anda bisa lakukan berbagai cara untuk membujuk si kecil agar mau diimunisasi, dan berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat si kecil mau diimunisasi!

  1. Santai

Tetap tenang dan tidak tampak cemas di hadapan si kecil saat akan membawanya ke tempat Imunisasi bayi merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Sebab, ketika Anda terlihat cemas di hadapannya, tentunya akan memengaruhi perasaan si kecil dan membuatnya tidak mau tidak diimunisasi. Maka dari itu baik bunda atau ayah sebisa mungkin cobalah untuk mengatasi rasa cemas Anda dan konsultasilah dengan dokter untuk bisa membuat Anda menjadi lebih tenang. Mungkin juga, dokter akan dapat membantu meyakikan si kecil agar mau diimunisasi.

  1. Membawa mainan favorit si kecil

Biasanya mainan merupakan salah cara yang dapat membuat si kecil tetap tenang  meskipun dibawa ke rumah sakit untuk menjalani Imunisasi bayi. Tentu saja tidak masalah jika Anda harus membawa mainan si kecil pada saat membawanya imunisasi, karena hal itu akan mengurangi kerewelannya dan akan lebih mudah untuk membuatnya agar mau diimunisasi. Jadi, bawakanlah benda atau mainan favoritnya ketika Anda membawanya imunisasi.

  1. Tetap tersenyum

Membuat si kecil untuk bisa tetap tenang pada saat Imunisasi bayi adalah dengan terus tersenyum padanya. Teruslah tersenyum pada si kecil dan lakukanlah kontak mata dengannya pada saat ia akan disuntik atau diberikan vaksinasi. Setidaknya itu akan mengurangi tangisnya, atau jika tidak Anda bisa ajak si kecil bicara atau menyanyikan lagu kesukaannya. Dengan begitu si kecil akan menjadi sedikit lebih tenang dan ia hanya akan baru menangis setelah suntikan selesai dilakukan.

 Jadi, untuk para ibu janganlah takut untuk membawa anak Anda Imunisasi. Sebab manfaatnya sangatlah baik bagi anak Anda, usahakan bawa si kecil imunisasi tepat waktu sesuai jadwalnya. Tujuannya agar anak Anda mendapatkan perlindungan secara menyeluruh dengan lebih baik lagi. Berkonsultasilah dengan puskemas atau rumah sakit mengenai jadwal imunisasi si kecil. Biasakanlah melakukan imunisasi dengan teratur sejak dini, ya.

You may also like...