Jika Ciri-Ciri Ini Sudah Ada, Anda Sudah Menjadi Ibu yang Baik

Sebagai seorang ibu, pastinya tidak jarang pertanyaan mengenai bagaimana cara menjadi ibu yang baik sering terlintas dalam pikiran Anda. Setiap orang pasti merasa sudah melakukan yang terbaik, tidka terkecuali seorang ibu. Namun, sebagai seorang ibu dan istri, tentunya menjadi baik juga dilihat dari sudut pandang dan suami. Seorang ibu sering merasa bahwa apa yang dilakukan adalah yang terbaik, namun terkadang cara penyamapaiannya yang keliru sehingga tidak jarang anak mengartikannya tidak baik. Bahkan tidak jarang apa yang Anda lakukan hanya bentuk pemaksaan kehendak orang tua belaka. Untuk menjadi orang tua, terutama ibu yang baik, berikut adalah beberapa ciri-ciri seorang wanita sudah menjadi ibu yang baik.

Ciri-Ciri Wanita Sudah Menjadi Ibu yang Baik

  1. Mendukung Potensi Anak dan Memberikan Rasa Percaya Diri Anak

Ibu merupakan salah satu sumber energi positif bagi anak. Ibu yang baik pastinya akan menularkan energi positif pada anak-anaknya. Baik itu menumbuhkan rasa percaya diri anak dan juga pastinya selalu mendukung apa yang menjadi potensi anak. Dengan mendukung segala potenis yang dimiliki anak, selama itu positif, maka Anda telah membantu anak untuk berkembang. Anak-anak yang diberikan kebebasan untuk mengeksplore dirinya, maka wawasan anak akan semakin bertambah.

  1. Ajarkan Keterampilan Hidup pada Anak

Saat masih usia 3-5 tahun, anak-anak dalam masa golden age atau usia emas. Pada usia ini anak-anak akan dapat dengan mudah menyerap dan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya. Anda dapat mengajarkan keterampilan hidup seperti bersosialisasi dengan orang lain, dapat mengantri dengan sabar, berbagi dengan orang lain, bahkan Anda bisa mengajarkan untuk mendiri, misalnya dengan mengajarkan anak merapikan mainannya sendiri, makan sendiri hingga membersihkan kasur sendiri.

  1. Tidak Membandingkan Anak dengan Anak Lain

Ibu yang baik pastinya tidak akan membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda. Dengan membandingkan anak dengan orang lain, maka akan dapat menjadikan anak menjadi down dan membuat anak menjadi tidak percaya diri.

  1. Menjadi Ibu yang Dirindukan, Dipercaya dan Dibanggakan oleh Anak

Tentunya menjadi hal yang sangat membahagiakan jika anak-anak sangat bangga terhadap ibunya. Terlebih lagi jika anak-anak sangat percaya kepada ibunya. Anak-anak tidak akan canggung atau malu untuk menceritakan apapun kepada Anda jika anak-anak sudah sangat percaya kepada ibunya. Sosok ibu yang baik pastinya akan membuat anak sangat nyaman saat berada di dekatnya.

  1. Tidak Selamanya Mengikuti Kemauan Anak

Tidak sedikit ibu yang menganggap bahwa menuruti semua kemauan ibu adalah pertanda sayang kepada anak. Namun anggapan ini tidak selamanya benar. Menuruti setiap keinginan anak dapat membuat anak kehilangan rasa empatinya. Ibu yang baik tentunya mampu untuk bersikap tegas kepada anak-anaknya dan dapat memberikan penjelasan kepada anak tentang permintaan apa yang bisa dituruti dan tidak dituruti.

Meski seorang ibu memiliki sikap yang lemah lembut dan penuh kasih sayang. Namun menjadi ibu yang baik juga harus memiliki sikap tegas kepada anak-anaknya. Tidak hanya urusan pemenuhan kebutuhan anak, melainkan juga segala keperluan anak-anak. Tidak jarang ibu yang baik membawakan bekal agar anak tidak jajan sembarangan di sekolah. Namun tidak jarang anak-anak minta bekal seperti gorengan atau makan berminyak lainnya. Tentunya ibu kesulitan untuk membersihakan noda minyak di tempat makan dan menyisakan bau yang tidak sedap. Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan Sunlight untuk menghilangkan noda minyak di tempat makanan plastik.

You may also like...