Tips Membuat Kaldu Sapi yang Enak

Beberapa orang lebih suka membuat kaldu sapi sendiri daripada membeli kaldu sapi buatan pabrik yang dijual di pasaran. Salah satu alasan yang paling banyak dilontarkan adalah karena ingin mengurangi asupan MSG atau Monosodium Glutamat yang seringkali ada pada penyedap rasa termasuk kaldu sapi.

Menambahkan kaldu sapi pada masakan seringkali dilakukan untuk menguatkan rasa pada masakan yang dibuat. Namun membuat kaldu sapi sendiri di rumah tentu memiliki tantangan tertentu. Yakni bagaimana membuat rasanya nikmat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk membuat kaldu sapi yang enak.

  1. Memilih ukuran tulang sapi

Jika ingin membuat kaldu sapi dengan rasa yang enak sebaiknya Anda menggunakan tulang sapi dengan ukuran yang sedang. Selain untuk memudahkan Anda dalam mengolahnya, ukuran tulang sapi yang sedang juga menunjukkan usia sapi yang masih muda. Rasa tulang sapi yang masih muda lebih nikmat daripada yang sudah tua.

  1. Pilihlah yang memiliki sumsum tulang

Tulang sapi mengandung sumsum yang terdapat pada bagian tengah tulang. Sumsum tulang ini mengandung protein yang tinggi yang baik untuk perkembangan tubuh dan menjaga stamina. Biasanya sumsum tulang yang terbanyak berada di tulang paha. Selain karena kandungan nutrisinya, sumsum tulang juga memiliki rasa yang nikmat yang dapat memperlezat kaldu buatan Anda.

  1. Pangganglah tulang terlebih dahulu

Sebelum merebus tulang sapi yang akan Anda buat sebagai kaldu, jika Anda ingin membuat kaldu Anda terasa lebih enak, sebaiknya Anda memanggang tulang sapi tersebut terlebih dahulu di dalam oven. Hal ini bertujuan agar tulang sapi lebih mudah mengeluarkan sari-sarinya saat direbus nantinya. Pangganglah tulang sapi tersebut hingga mengering dan berwarna kecoklatan. Jangan sampai hangus karena rasa hangus akan mengganggu rasa kaldu sapi nantinya.

  1. Rebus tulang bersama dengan rempah-rempah yang banyak

Tulang dan iga sapi cenderung memiliki rasa amis yang kuat. Selain itu karena berupa zat yang keras, maka untuk mengeluarkan sari-sarinya dibutuhkan perlakuan yang lebih daripada saat mengolah daging sapi.

Rempah-rempah yang digunakan dapat menghilangkan bau amis dan membantu tulang agar mengeluarkan sari-sarinya yang lezat.

  1. Rebus tulang dan rempah-rempahnya dalam waktu yang lama

Karena tulang sapi terbuat dari zat yang sangat padat dan keras, maka diperlukan waktu yang lama untuk merebusnya. Rebuslah tulang bersama rempah-rempahnya selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan api kecil hingga airnya menyusut menjadi setengah dari air sebelumnya.

  1. Penyimpanan

Setelah kaldu sapi buatan Anda jadi, Anda tentu tidak akan langsung menghabiskannya dalam satu sajian saja. Anda bisa memakai beberapa sendok kaldu saja sesuai dengan kebutuhan. Sisanya dapat Anda simpan.

Untuk menjaga agar kaldu sapi buatan Anda tetap terjaga kelezatannya selama disimpan, Anda bisa menaruhnya dalam wadah plastik. Tapi sebelum Anda menyimpannya dalam wadah plastik, pastikan kaldu sapi telah dingin. Jangan mendinginkan kaldu sapi yang baru matang di dalam kulkas, sebaiknya Anda mendinginkannya di suhu ruang saja.

Setelah kaldu dingin, Anda dapat memasukkannya dalam wadah yang tertutup rapat. Lalu menyimpannya di dalam freezer. Saat ingin Anda gunakan, Anda bisa mengambil beberapa bagian dan menaruhnya di suhu ruang terlebih dahulu agar mencair.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kaldu sapi buatan Anda terasa lebih nikmat. Kaldu sapi buatan sendiri adalah solusi pola hidup yang sehat. Pergunakan selalu bahan-bahan yang masih segar agar kaldu Anda terasa lebih nikmat. Selamat memasak.

You may also like...