Manfaat Aloe Vera Untuk Kesehatan Rambut

Tanaman lidah buaya atau aloe vera ini memang sudah lama dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut. Maka tak heran jika tanaman ini kerap kali dijadikan sebagai salah satu bahan baku produk shampoo atau kondisioner rambut. Manfaat aloe vera untuk rambut ini memang tak lain dikarenakan kandungan-kandungan yang terdapat dalam gel lidah buaya, seperti kalsium, magnesium, protein, vitamin C, zinc, asam amino, germanium, dan sejumlah enzim tertentu.

Lidah Buaya Untuk Menghitamkan Rambut

Warna hitam dapat menghilang secara perlahan pada rambut Anda, serta menjadikannya tampak kemerajan jika terekspos sinar matahari lebih banyak atau akibat paparan senyawa kimia. Sehingga rambut pun secara perlahan keindahannya akan memudar. Namun Anda tak perlu khawatir, untuk menghitamkan rambut Anda kembali dapat memanfaatkan aloe vera untuk dijadikan masker rambut alami. Caranya yaitu ambil sebatang tanaman lidah buaya berukuran besar, kemudian potong lalu kupas bagian kulitnya. Setelah itu, ambil gelnya lalu oleskan ke semua permukaan rambut dan kulit kepala. Selanjutnya bungkus menggunakan handuk bersih dan hangat. Aplikasikan sebelum keramas, cara ini juga dapat dilakukan secara rutin setiap hari apabila Anda memiliki waktu yang cukup.

Menyilaukan Rambut

Rambut hitam saja tentu tidaklah cukup, namun rambut juga perlu memperlihatkan kilau alaminya, dengan begitu tampak terlihat berkilau, sehat, dan juga tidak kusam. Adapun cara memanfaatkan aloe vera ini adalah dengan membuat shampoo sendiri, dari bahan lidah buaya, madu, dan cuka apel. Terapkan secukupnya saja, kemudian campur secara merata hingga adonannya berbentuk pasta. Aplikasikan campuran tersebut ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala, diamkan hingga 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Menghaluskan dan Melembabkan Rambut

Manfaat aloe vera berikutnya adalah dapat menghaluskan dan melembabkan rambut. Untuk memanfaatkannya, oleskan cairan gel lidah buaya pada rambut. Dengan mengambil 1 batang tanaman lidah buaya, lalu potong kemudian kupas sampai gel lidah buaya terlihat di dalamnya. Lalu oleskan gel tersebut, dari akar sampai ke ujung rambut sebelum keramas.

Manfaat aloe vera

manfaat aloe vera untuk kesehatan rambut

You may also like...